Rabu, 26 Januari 2011

Tutorial TEMS Investigation 8.0.3 Data Collection

Apa itu TEMS?

   TEMS adalah kependekan dari Test Mobile System yang merupakan perangkat untuk mensetting dan maintaining jaringan seluler. Pada dasarnya terdiri dari ponsel TEMS mobile phone yang dikendalikan oleh perangkat lunak pada komputer. .

   Salah satu fitur utama dari TEMS adalah menggunakan ponsel dengan bagian radio standar dan daya standar, yaitu suatu ponsel biasa dengan perangkat lunak yang diubah. Maka dari itu TEMS akan berperilaku sama seperti ponsel standar. Namun memiliki fitur tambahan sebagai pengumpul informasi tentang level sinyal dan kualitas sinyal dan banyak lagi yang dipancarkan oleh BTS.

    Adapun perangkat lunak pada komputer adalah TEMS Investigation yang dikeluarkan oleh Ericcson. Disini akan diceritakan dari mulai install TEMS Investigation 8.0.3 sampai cara setting tampilan sebelum melakukan DT (Drive Test). So cekidut mari kita mulai saja.

   Persiapkan dulu alat-alat dan bahan :
  • Laptop yang sudah memenuhi syarat system minimum program TEMS + chargernya. Kalo ga ada bawa baterai laptop yang banyak.heu
gambar 1. Laptop yang telah terinstall TEMS Investigation
  • Ponsel yang support dengan program TEMS Investigation diantaranya SE K800i, K790i, K600i, W600, Z800i, V800 (kalo aku mah pake sony ericcson K800i dan K790i coz emang dikasih dari kantornya itu.heheheh)
gambar 2. Ponsel TEMS, kabel data dan Antena external
  • Kabel data untuk connecting ke laptop
  • Driver tipe ponsel TEMS yang digunakan. klo butuh driver Sony Ericcsson K800i download disini, dan Sony Ericcsson K790i download disini.
  • GPS USB (aku pake Garmin 18x)
gambar 3. GPS USB Garmin 18x
  • Driver GPS USB. Kalo butuh drivernya download di sini.
  • Jangan lupa program TEMS Investigation 8.0.3 atau seri terbaru jika blum punya TEMS Investigation 8.0.3 download di sini.
  • Dounggle untuk license program TEMS atau crack program TEMS. yang blum punya cracknya download di sini
   Cara instalasi program TEMS dengan cracknya (tanpa dounggle)
  • Double click file applicati "TEMS_Investigation_8.0.3.exe"
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti install program yang lain
  • Setelah terinstall lalu restart jangan dulu di buka programnya
  • Cari dan buka folder "Crack for TEMS Investigation 8.0.3" trus copy semua file ke C:\Program Files\TEMS Products\TEMS Investigation\Application
  • Double click file "reg.reg" yang telah dicopy tadi, terus yes
  • Double click file "install.bat" tunggu hingga muncul "found new hardware" dan "your hardware has ben installed and ready to used"
  • Restart lagi
  • dan jengjreng program TEMS sudah bisa di gunakan.
Catatan: ciri-ciri program TEMS yang belum di crack atau gagal ngecracknya adalah di program TEMS icon untuk mengkoneksikan ponsel TEMS ke program TEMSnya tidak aktif. Maka ulangi lagi langkah di atas. Jika memiliki dounggle langkahnya cukup sampe install program TEMS Investigation 8.0.3 aja.

   Cara setting program TEMS Investigation 8.0.3 Data Collection
  • Buka TEMS Investigation Data Collection. Biasa lah cara bukanya kayak program yang lain ga perlu dijelasin.
  • Setelah dibuka maka akan tampak tampilan seperti gambar dibawah ini.
gambar 4. Tampilan standart program TEMS Investigation Data Collection
  •  Pada gambar diatas tampak tampilan program TEMS terbagi menjadi beberapa bagian :
  1. Menu Bar & Tool Bar : berisi menu-menu utama dan icon shortcut dengan berbagai fungsi tertentu
  2. Navigator : berguna untuk pengaturan tampilan
  3. Workspace : sebagai lembar kerja dimana parameter-paremeter yang perlu ditampilkan ditempatkan disini 
  4. Worksheet : berisi beberapa halaman kerja yang kita perlukan
  5. Status Bar : berisi tentang icon-icon tool yang terhubung ke laptop
  • Untuk memodifikasi tampilan TEMS kita harus tau dulu project apa yang akan kita kerjakan dan apa saja yang akan kita test serta apa saja yang harus kita perhatikan pas melakukan DT. Misal kita mendapat perintah dari PLO / koordinator DT bahwa kita mendapat project 2G swap salah satu operator di indonesia  (Telkomsel, Indosat, HCPT, dll) di wilayah maumere dengan scenario sebagai berikut:
  1. MS1 (Mobile Station yang pertama) = Idle (tidak dipergunakan dalam artian ponsel tersebut harus dalam keadaan standby), Lock BCCH (yang melayani ponsel tersebut hanya BCCH site  yang akan di DT).
  2. MS2 = Dedicated (digunakan untuk test call atau test GRPS atau test lainnya), Lock Band (band frekuensi ponsel tersebut dikunci misal hanya band untuk GSM = 900MHz atau DCS =1800MHz).
  3. Moving (bergerak menjauh dari site biasanya minimal 2KM per sector) = Short Call 120/10 (melakukan test call dengan durasi 120 detik dan call wait 10 detik)
  4. Stationary per sector (diam di main lobe tiap sector) = Test Call 10/10 10x (melakukan test call durasi 10 detik, call wait 10 detik dan 10 kali executi)
  5. Stationary per sector Test GPRS = PS Attach & PS Detach 10 x (test paket data 10 kali), PDP Context 10x (test Dial untuk connect internet 10 kali), DL 500Kb (test download file apa saja dengan kapasitas 500Kb)
  • Nah dari scenario tersebut kita sudah mendapat bayangan tentang DT yang akan kita lakukan dan apa saja yang harus ditampilkan di workspace TEMS.
  1. Kita harus menampilkan peta jalan Maumere kalo belum punya download disini. Caranya pilih Worksheet Map terus cari tab Map dan click icon layer control trus remove layer yang tidak perlu ditampilkan dan add layer untuk menambah layer map.
  2. Kita harus menampilkan cell file (file yang berisi data-data site) untuk memudahkan kita dalam pembacaan data site yang serving dan melihat posisi site di peta biar kita tidak salah site. download disini untuk contoh cell filenya. Caran menampilkan cell file pada Menu Bar pilih Configuration-General-Cellfile Load trus beri centang dan Browse.
  3. Kita harus menampilkan GSM Serving + Neighbors MS1 dan MS2 untuk melihat level sinyal  (RxLev) dan neighbors yang diterima ponsel saat itu. Caranya pada Menu Bar pilih Presentation-GSM-Serving + Neighbors.
  4. Kita harus menampilkan GSM Radio Parameters MS2 (MS1 tidak perlu karna idle, RxQual dan SQI tidak akan tampil kalo dalam posisi idle) untuk mengetahui kualitas sinyal (RxQual), Speech Quality Index (SQI) dan lain-lain. Caranya pada Menu Bar pilih Presentation-GSM-Radio Parameters.
  5. Kita harus menampilkan GSM Current Channel MS1 dan MS2 untuk mengetahui LAC (Location Area Code), MAIO (Mobile Allocation Index Offset), HSN (Hopping Sequence Number) dan lain-lain. Caranya pada Menu Bar pilih Presentation-GSM-Current Channel
  6. Untuk melakukan Test Call / PDP Context / Download bisa secara manual ataupun dengan command sequence (dilakukan oleh script yang kita buat di program TEMS Investigation). Untuk menampilkan command sequence caranya pada Menu Bar pilih Control-Command Sequence.
  7. Cara membuat test call di command sequence. click icon edit pada tab command sequence, maka akan tampil beberapa pilihan di bagian kiri yang salah satunya adalah Voice/Video. Click tanda + pada Voice/Video terus double click Dial. Pada kolom kanan pilih equipment dalam project ini adalah MS2 (karena MS2 adalah dedicated). Pada phone number tulis nomor yang akan dituju, biasanya untuk telkomsel adalah 199 agar bisa long call (nelpon tanpa batas). 
  8. Jika ingin mendownload video setting tampilan TEMS Investigation disini. tapi tidak ada suaranya.heeheh. maklum bikinnya pake snagit.heu. 
   Mungkin cukup sampai sini yang bisa aku tulis selebihnya tinggal di ulik sendiri.heu. Kalo udah jago sharing lagi ya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

    98 komentar:

    1. alus gax rada berdayakan ilmu teh,,, tanjap..

      BalasHapus
    2. gax.. alusna crack mah ulah d caritakeun...

      BalasHapus
    3. Balasan
      1. cara ngatasin tems yang lemot pada mapnya gimana kang

        Hapus
      2. cara ngatasin tems yang lemot pada mapnya gimana kang???

        Hapus
    4. bos, bahas juga dong cara pake tems K800i buat dt wcdma/hsdpa

      BalasHapus
    5. Ia. untuk posting selanjutnya insya allah di bahas. sepengetahuan saya kalo K800i tidak support HSDPA bos jadi cuma bisa WCDMA doang. terimakasih masukkannya.

      BalasHapus
    6. bos, bahas tentang HSDPA pake modem donk, trus kasih tau juga modem apa yang support ama TEMS 8.0.3/4. termasuk cara upload dan download dari tems donk. trimakasih bos, kalo dah bahas kasih link postingan ke email ane ya bos, di aristyo1501@gmail.com

      BalasHapus
    7. heheh ia mas insya allah akan saya posting lagi. tapi ya gitu semua postingan yang saya buat cuma berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya, jdi mohon dikoreksi jika ada kesalahan.

      BalasHapus
    8. postingnya mana lagi nih.....

      BalasHapus
    9. udah kang di arsip blog tahun 2010 tentang Global System For Mobile Communication (GSM) yang untuk 3G tar lagi bikin kerangkanya dulu.heu.

      BalasHapus
    10. Ma
      Bisa dishare ke saya download TEMS 8.0.3?

      br/bs

      BalasHapus
    11. maaf untuk link download TEMS 8.0.3 di email aja ke nasirahmad06@gmail.com

      BalasHapus
    12. mas/akang q kok gagal terus cracknya..icon nya g aktif2

      BalasHapus
    13. ah masa kang. sudah benar langkah2 nya? kalo sudah benar coba di install lagi cracknya trus reg nya di double clik juga trus restart deh.

      BalasHapus
    14. Bos bisa di instal di windows 7 gak versi 8.0.3 ini??

      BalasHapus
      Balasan
      1. Klo yg ane liat windows 7 kurang suport, yang aman xp aja

        Hapus
    15. Untuk di install di Windows 7 saya belum pernah mas. tapi seharusnya bisa karena pembuatan OS or Software terbaru harus bisa support juga sama software or file yang lama. untuk lbih jelasnya di coba aja mas, kalo ga bisa tinggal di uninstall.hehehe.

      BalasHapus
    16. mau cari pelengkapan ini dimana ya..??
      sama habis berapa duit ya..

      yang ada info mohon share..

      BalasHapus
    17. Perlengkapan maksudnya tools ya gan. Dulu saya pernah ditawarin sama orang TI yaitu 1 HP TEMS K790i (Second) + 1 HP TEMS K800i (Second) + donggle + CD Temsnya dengan harga 9 juta.

      Search di google jga banyak yng nawarin gan.

      BalasHapus
    18. gan, thank infonya....manfaat bgt..
      boleh minta link TEMS yg terbaru??mau ijin sedot
      ayosafat@gmail.com

      BalasHapus
    19. saya teh baru mau mulai belajar neh kang... karena beru ada yang nawarin kerja, ditanya bisa nge-TEMS Investigation.
      mo belajar dari NOL neh
      perlengkapan minimal yang wajib ada itu apa aja kang..?? HP nya harus dua apa satu aja bisa..??

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ia gan. sok diajar tar klo dah mahir sharing ya gan. untuk perlengkapan minimal sih cuma 1 Laptop yng terinstall TEMS dan 1 HP Sony yng terinstall TEMS jga. itu sudah bisa dipake untuk belajar. kalo ada ditambah GPS juga jika ingin belajar Drive Test alias outdoor.

        Hapus
    20. ini naksudnya tdk perlo donggle nya (karena sdh ada crack nya) atau gimana...?

      TEMS 8 support di win 7, saya sudah coba (tapi masih pakai donggle)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ia gan. tpi itu untk TEMS 8 ja. yng TEMS 9 dan TEMS 10 msih blum ada crack nya.

        Hapus
    21. Gan , cara inject hp nya untuk di instal tems bijimane ya gan ?

      BalasHapus
    22. wah kalo untuk injectnya G ga tau gan. mungkin orang counter HP yng tau. atau bawah ane ada yng tau mungkin.

      BalasHapus
    23. Akang yang bageur..
      boleh minta soft TEMS nya dong..
      lagi belajar nih..
      kirim ke : sarahmeysa@gmail.com
      Hatur nuhun,
      Gesi

      BalasHapus
      Balasan
      1. di PM we kang lwat email sayah. nasirahmad06@gmail.com

        Hapus
    24. gan, thank infonya.bgs dan inspiratif,,,,
      boleh minta soft/link TEMS yg terbaru.. lg mw belajar.... kirim ke r.yudhie@gmail.com
      hatur nuhun.
      yudi

      BalasHapus
      Balasan
      1. di PM we kang lwat email sayah. nasirahmad06@gmail.com

        Hapus
    25. Fitri (Banda Aceh)Mei 02, 2012 3:21 PM

      agan raka,,,emailnya uda gak kepake lagi yaa.
      saya ngirim pesan ke email : raka_nugraha2006@yahoo.com.
      saya butuh cell file. saya boleh tau email yg lain yg bisa untuk saya hubungi agan raka?

      email saya : fietri_yoenita06@yahoo.com

      BalasHapus
      Balasan
      1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
    26. untuk lock BCCH itu gimana caranya mas? terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. untuk lock BCCH itu ada 2 gan. yaitu lock Idle mode dan Lock dedicated mode. lock idle mode itu untuk lock pada saat MS Idle. jadi klo MS udah dedicated lock idle mode ga berlaku lagi. dan begitu juga untuk lock dedicated mode pada saat MS dedicated. cara ngelock nya:
        1. Di Equipment Configuration click kanan pada MS nya trus click Properties
        2. nah stelah itu pilih tab Idle mode atau dedicated mode (sesuai kebutuhan)
        3. Trus pilih lock on
        4. nah setelah di lock on masukin list BCCHnya dari kolom sebelah kiri ke kanan setelah itu OK aja.

        sorry gan Q udah lupa lagi N sekarang udah ga install tems 8 lagi. pakenya tems 10 itu juga cuma bisa export doang ga bisa connect HP TEMS soalnya crackan. :D. pokoknya kurang lebih seperti itu lah caranya.

        Hapus
    27. Semoga Bermanfaat bagi kita smua....:)

      BalasHapus
    28. Mas nasir kalau boleh tau bekerja dimana ya mas? Sy mahasiswi yg ingin melakukan DT utk tugas akhir, tp sulit sekali mencari tools yg dibutuhkan. Kalau berkenan mohon share nya mas, trims :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Allhmdllh saya Bekerja di PT. LMT (Lintas Media Telekomunikasi). Saya membuka pintu lebar2 bagi temen2 yang mau sharing dan berbagi ilmu.

        Hapus
      2. Mas,saya minta file buat inject tems nya boleh mas..??

        Hapus
    29. mas, saya minta software tems nya boleh mas? ayuanandaastriana@gmail.com kalo windows 7 bisa di install tems 8 ga? makasi mas...

      BalasHapus
    30. oiya, kalo tems 10 nya punya saya boleh minta mas? terima kasih sekali lagi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tems 10 Q ada tpi blum sempet upload. :D . klo untuk belajar mendingan pake tems 8 soalnya ga ribet kya tems 10. udah lemot ribet lagi. kalo tems 8 gampang lock band dan BCCH nya jga ga makan waktu lama.

        Hapus
    31. donggle term 10 ada yang jual ga?

      BalasHapus
      Balasan
      1. pasti ada yng jual. tpi saya ga ada info yang jual. :D tar klo ada info di kasih tau kang.

        Hapus
    32. mas cugak mau nanya dunk ...modem apa aja yg suport untuk tems 8.0.4 selain huawei e220 lo ya..... hahahhaa salam satu saudara cmtech

      BalasHapus
      Balasan
      1. ooo kerja di CMTech juga. :D . slam kenal om. tpi skrng saya udah ga di CMTech lgi. emang sama mas siapa nih? . Untuk modem Q dapet info katanya modem Sierra Wireless AirCard 875 jga bsa connect tpi hrus disetting manual dari TEMS equitmentnya biar bisa dikenali sama TEMS. untuk lebih jelasnya coba liat web referensi berikut lengkap dengan cara setting manual nya http://adha.ms/p/337/menggunakan-modem-hsdpa-sierra-aircard-875-dengan-tems-investigation-8/

        Hapus
    33. ikut gabung kang nasir...blh mnta copy software tems nya jg ya.latif050887@yahoo.co.id

      BalasHapus
      Balasan
      1. boleh kang. untuk linknya PM aja kang ke nasirahmad06@gmail.com

        Hapus
    34. Mantap kang ugax tutorialnya, link nya bisa PM ke andi_malino@yahoo.com, saya udah PM juga sh...

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalo udah PM ke email insya allah pasti udah di jawab kang.

        Hapus
    35. udah ada yg pernah coba install tems 8 di win 7 ga?? bisa apa ngga y? (yg tanpa dongle)

      thx.

      BalasHapus
      Balasan
      1. tmen saya pernah install tems 8+crack ini di win 7 (Ultimate 32bit) dan berhasil. Cuma ada 1 kelemahan yaitu gak bisa connect HP SE karena Driver yang diupload disini driver untuk win XP. mungkin agan2 bisa cari driver untuk win 7

        Hapus
    36. gan, ada panduan reporting ga?? Khususnya yg pake Tems 10

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalo untuk reporting itu fleksible kang. karena tiap project pasti berbeda2 template reportnya. yang pasti sama itu cara perhitungan KPI DTnya dan cara exportnya. kalo apa aja yang akan di export itu tergantung keperluan. Misal untuk kebutuhan ngeplot RSCP doang ya tinggal di export ke tab file dan masukin RSCP aja ga perlu ya yang lain, tapi kalo mau sekalian juga ga apa2, toh entar pas di plot juga bisa dipisah antara RSCP, ECNO or yang lain. Untuk menghitung KPI DT misalnya CSSR CS (voice or Video), CSSR PS(GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, HSUPA), CDR PS or CS bisa pake Report generator atau export biasa dengan output .txt. pokonya fleksible gan jangan terpaku langkah2 dari orang lain tapi yang harus dimengerti adalah hasil akhir, karena banyak jalan bisa ditempuh. Itu mah terserah mau yang lama or cepat. :D

        Hapus
    37. Tutorialnya cukup bermanfaat :)
      Terimakasih mas gan
      btw cek emailnya ya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terimakasih gan. kalo ada email pasti di jawab kang.

        Hapus
    38. Saya minta juga driver nya bg,, ke ardhybpn@gmail.com
      thanks.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Drivernya udah ada link nya gan coba cek lagi gan.

        Hapus
    39. Mas Bro, Handset saya K800 Tems Pocket 5.3.1 kok ga ke detect di tems 9 ya??? klo garmin sih lansung nempel aja...

      BalasHapus
      Balasan
      1. itu sudah kedetect sama laptopnya belum gan? kalo belum kedetect ama laptopnya otomatis ga bakalan ke detect di TEMSnya. kalo kasus sperti itu biasanya install drivernya yng belum beres or gagal. Nah kalo sudah ke detect di laptop tpi ga ke detect di TEMS coba di refresh di equitment configurationnya gan, atau daftarin com MS nya manual pada TEMS di equitment configuration - add - trus isi dah portnya dimana. atau mungkin agan2 yang lain ada yang tau.

        Hapus
    40. emang bisa gitu tems 8 di win 7?? perasaan ga support win 7 tapi kalo cuman di instal sih bisa.. tapi ms nya ga konek.. pernah coba instal tems9 di win 7.. cuman bisa konek 1 ms aja ma gps(ga tau deh salah nya dimana maklum masih newbie) paling downgrade win 7 ke xp..tapi biasanya cepet panas (ngaheab pisan)..ujung2nya hang atau blue screen.. terus kalo modem banyak ko yg support tems 8.. saya sekarang dikasi tems 8.04.. modem kipas merah e220 (sumpah sruput na eh truput na kurang ngeunaheun..sierra mantap lah).. dulu pake tems 9.1

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sperti yang sudah disinggung pada komentar sbelumnya, untuk TEMS 8 di win7 bisa cuma untuk connect ke MS ga bisa, mungkin karna driver MS nya yang ga support Win 7. kalo bisa nyoba, coba agan2 nyari driver MS (K800i, K790i or yang lain) untk win 7. siapa tau bisa connect. :D

        Hapus
    41. numpang nanya mas, kalau untuk melakukan drive test di dalam gedung sebaiknya dilakukan waktu rame atau sepi? Trims..

      BalasHapus
      Balasan
      1. hehe. kalo emang bisa milih ya mending pas lagi sepi, karena :
        1. Traffictnya lagi ga penuh yang akan menyebabkan qualitas MS kita bgus karna jika full traffict RTWP akan meningkat, troughput juga maximal sesuai kmampuan MS dan pendaftaran paket datanya.
        2. kita bisa leluasa kerjanya tanpa ditanya ama orang2 atau nyenggol orang.

        tapi kebanyakan mah sih kita ga bisa milih kapan kerjanya, karna kita kan project yang kebanyakan diburu waktu, serta permit untuk kerja juga biasanya limitnya pendek. jadi kalo disuruh ma optim waktu itu ya waktu itu juga kerjakan. :D

        Hapus
    42. kang nasir minta dong copy software tems nya thanks

      BalasHapus
    43. Ehg kang nasir, makasih ya kang buat elmunya.
      numpang lapak ahg kang.

      melayani inject Tems, Harga bersahabat.

      mangga ahg kang nasir.

      BalasHapus
      Balasan
      1. eh aya kang jujun. :D. didinya boga software inject TEMS na jun?

        Hapus
      2. Rame oge ning cuy postingan nt, aya softwarena mah cuy

        Hapus
    44. bagus kang tutorialnya.. jadi punya kesempatan buat jdi DT
      xixi
      btw minta link download tems nya kang
      email nugraha25_cc@yahoo.com
      makasih

      BalasHapus
    45. gan, saya minta link buat download software TEMS nya yaa..
      kirim ja ke email ane : cool_andi85@yahoo.com
      thanks b4 gan.. :D

      BalasHapus
    46. Salam semua,

      Saya newbie, gan minta tolong donk bgmn caranya test & video call BTS 3G pakai tems? capture apa saja yg harus diambil?

      bgmn juga cara test hsdpa? modem apa yg support

      Tolong yah gan...di email ke nurhalim.kid@gmail.com

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk cara Test 3G untuk voice & Video call sama aja gan langkah2nya dngan 2G. Namun kalo untk video call di command sequencenya pada Call Type diubah jadi video. untuk worksheetnya minimal harus ada Map, WCDMA serving/active set + Neighbord (terserah beberapa MS sesuai kperluan), WCDMA Radio Parameters, Data session (untuk liat Troughput kalo lagi Paket data), Event (untuk liat aktifitas MS). untuk test HSPDA sama aja kalo settingan command sequencenya, cuma MS nya harus yang support HSDPA dan kalo tidak salah settingan Properti pada MS di TEMS, diaktifkan HSDPAnya, karna kalo tidak salah juga 3G punya 3 macam pket data, UMTS, HSDPA dan HSUPA.

        Hapus
    47. Tutorialnya cukup bermanfaat :) walaupun basic ane transmisi
      bos, saya bisa request sample file TERM logfiles nya kah ? buat latihan report nya

      Thanks

      email : sug3ngh@gmail.com

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sorry gan gw bru buka blog lagi. untuk logfile saya pnya bnyak koleksi. :D . di email aja gan ke email gw. untuk semuanya jga klo ada perlu di email aja. soalnya gw ga selalu liat blog. thanks.

        Hapus
    48. kang gaduh cara pengambilan data trouhgput kanggo operator 3?

      BalasHapus
      Balasan
      1. cara pengambilan data sama aja kang wlaupun operatorna berbeda. cuma yng berbeda paling APN username pas dial aja. dan mungkin juga server download ada sebagian operator yng ga bisa mengakses situsnya. untuk IP server download or upload bnyak kang di google oge disearch we dengan keyword FTP Server. trus untuk ngecek bisa atw engganya pake software WinCMD, kalo pake software itu bisa di ngedownload or upload file pasti di tems juga bisa.

        Hapus
    49. Mas kalo yang di maksut after sama before,feeder swap itu apa ya bang,sama pengambilan data drive test nya gimana bang..makasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Swap Feeder mnurut spengatahuan gw ada 2 arti.
        1. cross feeder
        2. penggantian kabel feeder

        jika trouble nya poin ke 1 berarti ada sektor yang terbalik feedernya. misal harusnya kabel feedernya ke sektor 1 ini malah ke sektor 2. Jika dilihat di serving cell setelah di DT dan di plot by SC maka akan terlihat terbalik juga, harusnya area di arah sektor 1 itu yang serving SC sektor 1 ini malah yang serving SC sektor 2. kalo afternya berarti ketika sudah di DT harus sudah cleare tidak ada yng terbalik. metode untuk pengambilannya before dan after hanya 1 MS aja udah cukup, dan di lock SC site itu doang, kalo site itu ada 3 sektor berarti di lock 3 SC.

        nah kalo troublenya point 2. Logikanya cma ganti kabel doang mungkin karna robek oleh sesuatu hal or apalah, jadi tidak berpengaruh ke performa. cuma berpengaruh ke VSWR aja, VSWR akan tinggi jika daya yng dipancarkan oleh BTS tidak sama dngan yng dipancarkan oleh antena. jika VSWR tinggi akibatnya coverage melemah. RSCP or level signal akan berkurang, malah di dekat site bisa jelek. Untuk metodenya sama aja karna cuma ngecek coverage dan level doang ya idle jga cukup. tpi itu smua tergantung optimnya kang, mungkin ditambah karna selagi di lokasi pasti dia juga pngin ngecek yng lain.

        Hapus
    50. Terima kasih gan tutorialnya, ngasih gambaran basic banget buat nubie kaya ane.

      BalasHapus
    51. temans, ada gak yang pernah pake TEMS 14 ?
      Saya mengukur pake TEMS 14 dedicated mode 3G tapi SQI nya gak muncul, kenapa ya ?

      BalasHapus
    52. Bos tems 10 bisa di pake di os 7 ga?
      Thx

      BalasHapus
    53. dear master,

      saya mau nanya nih , saya mau masukin modem ke Tems 8.1.3 kok ga bisa masuk ya gan ?
      mohon pencerahannya gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Modem nya terbatas gan yang support ke TEMS 8.1.3. Untuk modem yng support bisa diliat di komentar sebelumnya gan.

        Hapus
    54. Gan Bisa gk Tems 8.04 di windows 8

      BalasHapus
      Balasan
      1. belum nyoba gan. Ane sudah sedikit lupa juga tentang TEMS.hehehe. udah jarang soalnya. Setau ane software TEMS 8 itu pas jaman windows xp dan masih 32 bit. tapi temen ane pernah nyoba install tems 8 di windows 7 asalkan 32 bit. masih bisa play logfile dan export logfile. namun untuk connect ke HP TEMS nya tidak bisa karena drivernya mungkin hanya support windows XP.

        Hapus
    55. Bisa gk tems 8.0.4 di windows 8

      BalasHapus
    56. mohon bantuan nih ane nubie, mau tanya dong. kan di kasih laptop nya gak support pake xp. nah apakah aman gak pake tems tapi OS 7 32bit nih?

      BalasHapus
      Balasan
      1. setau ane untuk install bisa gan. namun untuk connect ke HP Tems ga bisa soalnya driver HPnya support windows xp aja

        Hapus
      2. bisa kok pake WIN 7 32 kalau ada pesan error pas Installnya pilih Ignore aja terus... , lagi nyari jamu buat Route Analaysis nya sekalian,

        Hapus
      3. Bisa kok di WIN7 32, pas Install nanti ada pesan error, diIGNORE aja terus.. pake DT aman aman aja hehehe.. kalau RA belum bisa karna harus nyari jamu HASP Aladdin key nya dulu.. teman2 DT di Sulawesi pake WIN 7 semua DTnya

        Hapus
      4. nah ada jawabannya dri yng berpengalaman. :D . Udah lama soalnya gan ga megang tems. Dan terkahir megang tems cuma TEMS 8. hehehe. Thanks gan udah Share Ilmunya.

        Hapus
    57. mastah tolong dong kirim aplikasi tems investigasinya ke olenxb@gmail.com
      terima kasih

      BalasHapus
    58. gi mana caranya klau mau menginstall tems ke HP????

      BalasHapus
      Balasan
      1. nah kalo masalah ini ane ga tau om. hehhe. mungkin ada temen2 yng suka inject software yng tau.

        Hapus
    59. Misi gan.
      Silahkan mapir ya gan ke blog saya
      Tema TEMS Pocket
      https://drivetestteleco.blogspot.co.id/p/home.html
      https://www.youtube.com/channel/UC78aX50alq4IkU63iHtPu8A

      BalasHapus

    Mangga di tunggu komentar, kritik dan sarannya.

    Iklan13

    Iklan14