Senin, 17 Mei 2010

GLOBAL SISTEM FOR MOBILE COMMUNICATION (GSM)

Pengertian GSM 

Global System for Mobile communication (GSM) adalah sebuah standar global untuk komunikasi bergerak digital. GSM adalah nama dari sebuah group standarisasi yang dibentuk  di Eropa pada tahun 1982 untuk menciptakan sebuah standar bersama telpon bergerak selular di Eropa yang beroperasi pada daerah frekuensi 900 MHz. GSM saat ini banyak digunakan di negara-negara di dunia.

Komponen - komponen Dasar GSM

GSM Essential Components

 Mobile Station (MS) 
MS adalah terminal yang dipakai oleh pelanggan untuk melakukan proses komunikasi. MS terdiri dari Mobile Equipment (ME) / HandPhone (HP) dan Subcriber Identification Module (SIM). ME diidentifikasikan dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity) tertentu.

  Base Tranceiver Station (BTS) 
BTS merupakan tranceiver yang mendefinisikan sebuah sel dan menangani hubungan link radio dengan MS. BTS terdiri dari perangkat pemancar dan penerima, seperti antenna dan pemroses sinyal untuk sebuah interface. BTS berkomunikasi dengan MS dengan Um interface

  Base Tranceiver Station (BTS)
BSC mengatur sumber radio untuk sebuah BTS atau lebih. BSC menangani  radio-channel setup, frequency hopping, and handover intern BSC

  Mobile Switching Center (MSC) 
MSC bertugas untuk melakukan fungsi switching dasar, mengatur BSC melalui A-interface dan sebagai penghubung antara satu jaringan GSM dengan jaringan lainnya melalui Internetworking Function (IWF)

  Authentication Center (AuC) 
AuC berisi parameter authentikasi pelanggan untuk mengakses jaringan GSM, berisi parameter seperti  Ki, algorithma A3 atau A8, dan untuk memproduksi tiga buah parameter autentikasi seperti (SRES, RAND, Kc)  dan menyimpannya di  VLR.

  Home Location Register (HLR)
HLR berisi rekaman database permanen dari pelanggandan merupakan database user yang utama dan juga berisi rekaman lengkap lokasi terkini dari user.
 
 Visitor Location Register (VLR)
VLR berisi database smentara dari pelanggan. VLR digunakan untuk pelanggan lokal dan yang sedang melakukan roaming. VLR memiliki pertukaran data yang luas daripada HLR. VLR diakses oleh MSC untuk setiap panggilan, dan MSC dihubungkan dengan VLR. Setiap MSC terhubung dengan sebuah VLR,tetapi satu VLR dapat terhubung dengan beberapa MSC
 
  Equipment Identity Register (EIR) 
Eir merupakan register penyimpan data seluruh mobile stations. EIR berisi IMEI yang merupakan nomor seri perangkat + type code tertentu.
Mobile Equipment dibagi menjadi tiga kelompok :
  • Blacklist
  • Grey list
  • White list
* catatan: EIR belum diterapkan di Indonesia.
 
Network Interface


 
 
Konsep Kanal pada GSM 
  1. Kanal Fisik :
  • Satu TimeSlot(TS) frameTDMA merupakan satu kanal fisik
  • Setiap carrier RF terdiri dari 8 TS (CH 0 – 7)
     2.  Kalan Logik :
  • Kanal Trafik (TCH) dapat membawa suara atau data untuk layanan komunikasi. TCH dibagi dua jenis, full rate channel dengan Bit rate 13 Kbps dan half rate channel dengan kecepatan bit 6,5 Kbps
  • Kanal Kontrol digunakan untuk keperluan signalling
  • Kanal logik ditumpangkan pada kanal fisik
 Struktur Frame GSM
 
Struktur Frame pada GSM




Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Mohon maaf jika ada tulisan yang salah karena semua tulisan ini saya tulis hanya karna pengalaman dan hanya dari buku referensi yang saya punya.

Aya kahayang
Aya kadaek
Aya kabisa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mangga di tunggu komentar, kritik dan sarannya.